Senin, 27 Mei 2013

Karya seni kriya tekstil

Kain terkait erat dengan tekstil, baju juga dari kain. Berbicara tentang kain akan terkait dengan tekstil. Tekstil adalah barang-barang yang dihasilkan dari proses menenun antara lain kain, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan sebagainya.

Di sekitar kita banyak karya seni kriya atau terapan yang kita jumpai. Benda terapan tersebut tidak hanya sebagai hiasan saja tetapi juga berfungsi dalam kehidupan manusia. Sebagai contoh desainer baju merancang pakaian untuk bintang film. Produk atau hasil tersebut sudah merupakan karya terapan yang berhubungan dengan dunia tekstil.

Produk atau hasil rancangan desainer tadi dalam bentuk baju atau pakaian yang apabila diproduksi secara besar-besaran, dipakai orang banyak masih tetap sebagai karya seni terapan.

Memang sebagian perajin atau seniman yang menyatakan bahwa karya seni kriya tekstil tidak dapat digolongkan pada karya seni karena kualitas serta nilai kandungan seninya rendah. Tetapi hal ini kurang benar karena kita perlu memahami bahwa karya seni rupa telah dikelompokkan dalam tiga kelompok seni rupa tersebut terletak pengguna dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Karya seni kriya tekstil merupakan salah satu kekayaan yang menjadi kebanggaan bangsa. Hal ini apabila ditingkatkan mutunya akan menjadi tambahan penghasilan bagi para pengrajinnya.

Jenis karya seni kriya tekstil dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1)    Desain tekstil. Kelompok ini terdiri dari segala bentuk rancangan yang menggunakan bahan tekstil. Bentuknya bisa rancangan pakaian, motif, sampai barang rumah tangga dan aksesoris.
2)    Tema tradisional. Kelompok ini karya tekstil yang bernuansa atau karakter tradisi seperti pakaian adat, pengantin, tari, dan sebagainya.
3)    Batik. Kelompok ini seni karya yang dihasilkan dengan proses membatik. Bentuknya bermacam-macam dari berbagai daerah.
4)    Busana dan aksesoris. Kelompok ini karya-karya yang digunakan sebagai busana dan aksesoris tubuh, proses pembuatan dengan keterampilan tangan tidak dengan proses industri.
5)    Perlengkapan rumah tangga dan hiasan ruangan. Kelompok ini adalah keperluan rumah tangga serta hewan marga. Seperti: gorden, taplak meja, celemek, serbet, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar