Sabtu, 01 Desember 2012

BUMN, BUMS, dan Koperasi

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan badan usaha yang dikendalikan oleh negara karena sebagian besar sahamnya adalah milik negara. Saat ini ada dua bentuk BUMN, yaitu perusahaan umum atau perum dan persero.

Secara umum, BUMN memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:
a.    Memproduksi dan menjamin tersedianya barang dan jasa yang menyangkut kebutuhan masyarakat banyak
b.    Menjadi sumber penerimaan negara melalui keuntungan, laba, pajak, dan pembagian laba, serta privatisasi (penjualan saham BUMN kepada swasta)
c.    Menyeimbangkan kekuatan-kekuatan ekonomi swasta yang terlalu besar
d.    Alat penunjang kebijakan negara, misalnya untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok
e.    Sebagai sarana untuk membuka kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran
f.    Membantu usaha kecil melalui kegiatan pembinaan dan gerakan bapak angkat.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) didirikan oleh masyarakat secara perorangan maupun berkelompok. Tujuan badan usaha swasta adalah sebagai berikut:
a.    Tujuan primer suatu badan usaha swasta adalah membuat barang dan jasa untuk dijual dan selanjutnya menghasilkan keuntungan maksimal kepada perusahaan.
b.    Tujuan kolateral terdiri atas tujuan pribadi dan kelompok. Tujuan kolateral pribadi misalnya keinginan untuk maju, mencari prestise, mendapat pengakuan masyarakat, dan mencari nama baik. Tujuan kolateral sosial adalah mencapai nilai-nilai nonekonomis yang lebih luas, misalnya membayar pajak untuk pembangunan dan memberikan beasiswa pendidikan untuk kemajuan bangsa.

Menurut Undang-undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992, tujuan koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, koperasi juga ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar