Jumat, 23 November 2012

Topografi

Topografi menunjukkan bentuk muka bumi suatu wilayah. Topografi sering dikaitkan dengan relief suatu wilayah. Relief menggambarkan perbedaan tinggi rendah kenampakan permukaan bumi. Misalnya dataran, perbukitan, dan pegunungan.

Topografi suatu wilayah dapat berbentuk dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, igir, dan lembah.

a.    Dataran rendah. Topografi dataran rendah berupa daerah yang permukaannya datar atau sedikit bergelombang dengan ketinggian sedikit di atas permukaan laut. Dataran rendah terletak lebih rendah dari daerah sekitarnya. Dataran rendah biasanya terbentuk dari pengendapan hasil erosi yang diangkut aliran sungai. Di Indonesia dataran rendah yang luas terdapat di sekitar pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa, serta pantai selatan Kalimantan dan Papua.
b.    Dataran tinggi. Sering disebut plato. Dataran tinggi merupakan daerah datar atau agak datar yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Sisi-sisi dataran tinggi berlereng curam. Dataran tinggi terbentuk dari hasil erosi dan sedimentasi.
c.    Bukit. Kenampakan alam bukit berbentuk kerucut seperti gunung, tetapi ukurannya lebih kecil dari gunung. Ketinggian bukit kurang dari 600 meter di atas permukaan laut. Rangkaian bukit-bukit yang berdekatan membentuk perbukitan.
d.    Gunung. Kenampakan alam gunung berbentuk kerucut dengan ukuran lebih besar dari bukit. Gunung memiliki ketinggian lebih dari 600 meter dari permukaan laut. Gunung-gunung yang berjajar membentuk pegunungan. Gunung biasanya terbentuk dari kegiatan vulkanisme, sehingga disebut vulkan atau gunung api. Pegunungan umumnya terbentuk oleh tenaga tektonik atau gerakan kulit bumi. Gerakan ini dapat menghasilkan pegunungan lipatan atau pegunungan patahan.
e.    Igir. Disebut juga dengan punggung gunung atau bukit. Igir merupakan bagian dari gunung atau bukit yang berlereng menanjak rata ke arah puncak, sempit, memanjang, dan bersisi curam. Igir terbentuk dari hasil pelapukan dan pengikisan lereng gunung atau bukit. Daerah igir terlihat tandus dan gersang.
f.    Lembah. Merupakan daerah cekung diantara dua bukit atau gunung. Lembah berada di daerah bawah yang dikelilingi perbukitan atau pegunungan. Daerah lembah biasanya subur karena berdekatan dengan aliran sungai.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar