Kamis, 22 November 2012

Pengaruh kondisi geografis terhadap penduduk

Kondisi geografis Indonesia berpengaruh terhadap kehidupan penduduknya. Kondisi geografis yang memengaruhi kehidupan penduduk berupa letak geografis, keadaan iklim, bentangan alam, dan sebagainya.

Indonesia berada di daerah yang beriklim tropis. Iklim tropis dianggap sebagai iklim paling ideal untuk kehidupan. Oleh karena tidak ada perbedaan suhu udara yang mencolok pada setiap musimnya. Musim yang dimiliki adalah musim kemarau dan musim hujan. Hal ini dapat terlihat dari intensitas penyinaran matahari yang diterima sepanjang tahun dan curah hujan yang relatif tinggi. Keadaan iklim ini memberi pengaruh terhadap aktivitas pertanian, perkebunan, perikanan, dan aktivitas lainnya yang dilakukan oleh penduduk. Adanya iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia dapat memberi keuntungan dalam bidang ekonomi.

Bentangan alam yang ada di Indonesia beranekaragam. Bentuk bentangan alamnya, antara lain berupa dataran rendah, dataran tinggi, gunung, sungai, danau, dan laut. Adanya bentangan alam tersebut memberikan pengaruh positif terhadap penduduk yang tinggal pada masing-masing bentangan tersebut.

1.    Dataran rendah merupakan suatu wilayah di muka bumi yang keberadaannya paling diminati untuk dijadikan tempat tinggal manusia. Dataran rendah yang ada di Indonesia biasanya digunakan sebagai tempat pemukiman yang ideal. Pada wilayah dataran rendah semua aktivitas kehidupan lebih mudah dilakukan, seperti permukiman, mata pencaharian, transportasi, dan sebagainya.
2.    Dataran tinggi yang ada di Indonesia banyak digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan perkebunan. Wilayah ini memiliki suhu udara yang lebih sejuk sehingga cocok digunakan untuk usaha perkebunan.
3.    Gunung yang ada di Indonesia dibagi menjadi dua kategori, yaitu aktif dan mati. Pada wilayah di sekitar gunung biasanya memiliki tanah yang subur hasil dari aktivitas vulkanisme. Aktivitas yang biasa dilakukan penduduk Indonesia di wilayah gunung adalah aktivitas yang berhubungan dengan bercocok tanam dan aktivitas lainnya, seperti pertambangan, pariwisata, dan sebagainya.
4.    Sungai di Indonesia yang bermanfaat bagi aktivitas penduduk sekitarnya adalah aliran sungai yang panjang dan lebar. Aliran-aliran sungai ini digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti transportasi, irigasi, perikanan, olahraga, kebutuhan rumah tangga, dan perdagangan.
5.    Danau yang ada di Indonesia, baik buatan maupun alami banyak digunakan sebagai sumber pengairan, perikanan, penampung air hujan, dan sebagainya.
6.    Laut di Indonesia lebih luas dibandingkan dengan dataran. Laut yang ada digunakan penduduk untuk berbagai aktivitas yang tentu saja bertujuan untuk mendatangkan keuntungan. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan, antara lain berupa perikanan, budidaya hasil laut, serta pertambangan yang ada di lepas pantai.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar